Lanjut ke konten
Iklan

It’s Tea Time!

01/07/2011

Teh.. Teh.. Teh..

Pastinya minuman yang satu ini sudah tidak asing di telinga kita dan tidak asing pula untuk lidah kita.

Pasti pernah dengar juga kan mengenai kebiasaan minum teh setelah memakan makanan berlemak dengan tujuan menetralisasi lemak. Nah, apa sih kandungan dalam teh yang berfungsi sebagai penetralisir lemak?

Jawaban pertanyaan tersebut ada dalam sebuah buku berjudul “The Ultimate Tea Diet”.

Beginilah kurang lebih bahasan yang tertulis dalam buku tersebut!

Daun teh kering yang kemudian dijadikan minuman berasal dari pohon teh (Camelia sinensis). Korelasi antara konsumsi teh dengan penurunan berat badan ternyata terletak pada kandungan 3 senyawa yang bersifat sinergis dalam teh, yaitu kafein, L-Theanine, dan Epigalocatechin-3-gallate (EGCG).

Kafein, walaupun belum diteliti secara khusus, ada 2 teori tentang efek konsumsi kafein yang mungkin berhubungan dengan penurunan berat badan. Pertama, mengenai efek menekan nafsu makan yang ditimbulkan oleh kafein. Kedua, kafein dapat berfungsi sebagai suatu agen diuretik, yaitu sebagai penginduksi pengeluaran cairan dari tubuh. Kehilangan cairan ini dapat menyebabkan penurunan berat badan sementara. Selain memiliki kedua efek tersebut, kafein juga memiliki efek kurang baik terhadap peningkatan kadar gula darah dan insulin.

 L- Theanine merupakan asam amino yang memiliki suatu efek yang melawan efek kurang baik dari kafein. L – theanine ini juga mempengaruhi suatu neurotransmitter di otak yang dapat mengirim sinyal agar tubuh tidak lapar. Sementara itu, kandungan EGCG merupakan suatu antioksidan yang juga menstimulasi metabolisme tubuh, kandungan inilah yang menstimulasi pembakaran lemak dalam tubuh. Jadi, EGCG inilah yang berfungsi menurunkan kadar trigliserida dalam darah dan menghambat akumulasi asam lemak di sel, sehingga dapat dikatakan bahwa EGCG inilah yang berperan sebagai agen antiobesitas.

Menarik ya! Ternyata EGCG-lah yang berperan banyak dalam netralisasi lemak. Jadi, mulai sekarang bolehlah kita membiasakan diri minum teh setelah makan makanan berlemak, tetapi jangan berlebihan juga ya! 😀

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: