Lanjut ke konten

Tanggapan BPOM RI terhadap Air Minum Kemasan “Air Zam-Zam”

31/05/2011

Sempat beredar informasi mengenai air kemasan yang berlabel air zam-zam diisukan terkontaminasi arsenik di Inggris. Arsenik merupakan bahan metaloid yang terkenal beracun dan memiliki tiga bentuk alotropik: kuning, hitam, dan abu-abu. Arsenik digunakan sebagai pestisida, herbisida, dan insektisida. Keracuanan arsenik dalam jumlah besar dapat menyebabkan serangan akut berupa rasa sangat sakit perut akibat sistem pencernaan rusak, muntah, diare, rasa haus yang hebat, kram perut, kemudian syok, koma, dan kematian. Paparan dalam jangka waktu lama, seperti meminum air terkontaminasi arsen, dapat menyebabkan napas berbau, keringat berlebih, otot lunglai, warna kulit menjadi gelap, penyakit pembuluh tepi, gangguan saraf, blackfoot disease dan kanker kulit.

Namun berdasarkan hasil pengujian laboratorium yang telah dilakukan Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia, menyatakan bahwa kandungan arsenik dalam air dalam wadah yang diberi label “air zam-zam” memenuhi persyaratan Standar Nasional Indonesia (SNI) air mineral alami, yaitu dibawah 0,05 mg/liter. Sampel yang diambil berada di pasar tanah abang dan pasar jatinegara. Selain uji kandungan arsenik, BPOM RI juga melakukan uji mikrobiologi dengan bakteri Coliform dan E. coli, serta kandungan kimia/ logam lain seperti barium, kadmium, kromium, mangan, nikel, timbal, tembaga, raksa, dengan hasil memenuhi syarat SNI.

BPOM RI juga menghimbau kepada masyarakat yang memiliki air dalam wadah yang diberi label air zam-zam tersebut agar menggunakan wadah yang memadai dan disimpan pada tempat yang bersih dan higienis. Penyimpanan juga harus diperhatikan agar tidak berdekatan dengan bahan kimia berbahaya serta terlindung dari cahaya matahari.

Referensi:

http://www.pom.go.id/public/press_release/detail.asp?id=90

http://id.wikipedia.org/wiki/Arsen

http://id.wikipedia.org/wiki/Keracunan_arsenik

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: